Delvika, Yuli (2021) Penerapan model pembelajaran children learning in science (clis) untuk meningkatkan pemahaman konsep ipa di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi organ gerakhewan dan manusia pada siswa kelas 5 sdn 001 bangkinang kota>. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
Yuli Delvika-1786206142.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan didalam kelas dan diberi tindakan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan disetiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 12 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 66,44 atau dengan kriteria ketuntasan sebesar 61%. Kemudian pada siklus II meningkat dengan rata-rata 70,78 atau 83%. Maka dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Ilmu Pengetahuan Alam, Children Learning In Science, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 02:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:59 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/619 |
Actions (login required)
View Item |