Pengaruh model problem based learning berbantuan media visual terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 4 sdn 005 langgini

Koto, Yolanda Aprila (2021) Pengaruh model problem based learning berbantuan media visual terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 4 sdn 005 langgini. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Yolanda Aprilla Koto-17862061389.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa di kelas IV SDN 005 Langgini Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat adakah pengaruh atau tidak di dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV di SDN 005 Langgini. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas akan dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, pada kelas eksperimen pembelajaran dilakukan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan dikelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang menjadi kelas eksperimen sebayak 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. dan kelas IV B yang merupakan kelas kontrol sebanyak 20 orang siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil dari kemampuan kognitif siswa dilihat dari data yang diperoleh saat pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan di kelas eksperimen rata-rata hasil pretest siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 41,5 dan rata-rata hasil posstest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning naik menjadi 71,25 sehingga selisih rata�rata dari hasil pretest dan posttest siswa sebesar 29,75 %. sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model konvensional mendapatkan nilai pretest sebesar 42,5 dan mendapatkan nilai posttest sebesar 55,4 sehingga selisih antara hasil pretest dan posttest sebesar 12,9 %. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media visual ini berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa di kelas IV SDN 005 Langgini. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Model Problem Based Learning, Media Visual, Sumber Energi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 08:57
Last Modified: 05 Aug 2024 12:26
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item