Lasri, Wirma (2021) Analisis kesantuanan tindakan tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
Wirma Lasri-1786206155.pdf Download (24MB) |
Abstract
Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan dalam interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur direktif yang dituturkan guru dan siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menjelaskan jenis tindak tutur direktif yang digunakan guru, menjelaskan strategi bertutur dalam tindak tutur direktif yang digunakan guru, dan menjelaskan konteks situasi tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di SDN 001 Pangkalan. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak-catat dan rekaman. Berdasarkan hasil analisis data tuturan dapat dibuktikan bahwa tingkat kesantunan tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran tergolong santun. Hasil penelitian pada interaksi belajar mengajar di SDN 001 Pangkalan menunjukkan bahwa penggunaan jenis perintah dan strategi secara langsung lebih banyak digunakan, apabila dibandingkan dengan penggunaan jenis dan fungsi tindak tutur direktif yang lain. Hal tersebut dapat dilihat pada deskripsi hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jenis perintah dan strategi secara langsung lebih dominan dipakai dengan jumlah 8 tuturan perintah dan 20 tuturan strategi secara langsung dari jumlah 22 tuturan direktif. Jenis tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi jenis perintah, permintaan, ajakan, larangan, nasihat dan kritikan. Kata kunci : Kesantunan, tindak tutur direktif dan interaksi belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 08:52 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 12:33 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/615 |
Actions (login required)
View Item |