Peningkatkatan keterampilan berbicara menggunakan model show and tell di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada pembelajaran bahasa indonesia kelas 4 sdn 032 kualu kecamatan tambang kabupaten kampar)

Aisyah, Siti (2021) Peningkatkatan keterampilan berbicara menggunakan model show and tell di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada pembelajaran bahasa indonesia kelas 4 sdn 032 kualu kecamatan tambang kabupaten kampar). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Siti Aisyah-1786206117.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 032 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Salah satu solusi masalah ini adalah dengan menggunakan metode show and tell. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa, materi keragaman dengan mengunakan metode show and tell pada siswa kelas IV SD Negeri 032 Kualu, metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, dengan jumlah laki-laki 17 siswa dan siswa perempuan berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 032 kualu pada siklus I tergolong cukup dengan rata rata 65,38. Selanjutnya dari 26 siswa hanya 17 orang siswa yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 74,59. Pada siklus II baik dengan rata rata 84,61, dan 26 siswa terdapat 22 siswa yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 81,73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan metode show and tell dapat meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 032 Kualu. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Metode Show And Tell.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:57
Last Modified: 05 Aug 2024 08:48
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item