Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi bangun datar siswa kelas 4 sd negeri 004)

Hasanah, Nurul (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi bangun datar siswa kelas 4 sd negeri 004). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Nurul Hasanah-1786206094.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV SD Negeri 004 Pulau. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran belum mampu meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep Matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament siswa kelas IV Negeri 004 Pulau. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi . Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatan hasil Pemahaman Konsep Matematika siswa sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil Pemahaman Konsep Matematika siswa hanya 66,73 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 76,73 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65%, lalu pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 77,88 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%. Selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 79,23 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77% dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,07 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV Negeri 004 Pulau. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:57
Last Modified: 05 Aug 2024 12:20
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item