Hazlina, Anggun (2021) Meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan teknik akrostik di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas materi menulis puisi pada tema cita-citaku subtema hebatnya cita-citaku siswa kelas 4 sdn 010 laboy jaya. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
Anggun Hazlina-1786206008.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dengan teknik akrostik pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri 010 Laboy Jaya Kabupaten Kampar sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 15 siswa sebanyak 12 siswa atau 80% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori Baik. Secara klasikal tergolong cukup karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 69,3. Sedangkan pada siklus II dimana dari 15 siswa terdapat 14 siswa atau 93% telah memenuhi KKM dan secara klasikal tergolong baik yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 82,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa pada siswa kelas IV SDN 010 Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar melalui penerapan teknik akrostik mengalami peningkatan. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teknik Akrostik, Menulis Puisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 07:34 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 12:18 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
View Item |