Meta Analisis: Problem Based Learning (PBL)

Perlaungan, M.Dino and Firdaus, Irfan and padila, Prilia and Nazaruddin, Nazaruddin and Amergus, Cahaya and sodikin, sair and Zulfah, Zulfah (2022) Meta Analisis: Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1 (1). ISSN 29619890

[img] Text
Sinta 5 Meta Analisis Problem Based Learning (PBL) Hasil Riset.pdf

Download (287kB)
Official URL: https://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/4...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menerapkan model problem based learning yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai solusi dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian quasi eksperimen dengan bentuk posttest serta terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 5 artikel pada jurnal nasional yang terakreditasi Sinta 3 – 6 tahun 2017 sampai 2021dengan subjek penelitian yaitu jenjang Pendidikan SMP dan SMA. Penelitian meta-analisi menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasakan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tedapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Zulfah Zulfah Zulfah
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:46
Last Modified: 10 Jun 2025 07:46
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item