Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini

Rizki, Silvia (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
FUUL TEXT Skripsi Silvia Rizki-2086207020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan motorik halus anak di TK Az- Zahra Kecamatan Perhentian Raaja Kabupaten Kampar. Untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan kemampuan motorik halus anak, yaitu penerapan metode upaya meningkatkan berbicara anak melalui metode boneka tangan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode boneka tangan penerapan berbicara dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penlitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadapkegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi di dalam sebuah kelas secara bersama dengan jumlah anak sebanyak 12 orang anak yang terdiri dari 6 laki – laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang di gunaakan dalam penelitian ini adalah presentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti yang di uraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penlitian ini yaitu dengan metode media boneka tangan dapat meningkatkan kelacaran berbicara motorik halus anak di TK Az- Zahra. Kemampuan motorik halus anak dapat di lihat dari prasiklus berada pada kriteria “Belum Berkembang” yaitu 9 anak atau 75%. Setelah adanya tindakan pada siklus I yaitu melalui metode boneka tangan, terjadi peningkatan yaitu berkurang menjadi Ianak atau 8.33%. Pada kriteria “Mulai Berkembang” meningkat prasiklus 3 anak atau 25% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi I atau 8.33%. Pada kriteria “Berkembang Sesuai Harapan ” tidak terdapat satu pun anak pada kriteria ini, meningkat menjadi 8 anak atau 66.7%.dan meningkat lagi pada siklus II menjadi I anak atau 8.33%. Padaa kriteria “Berkembang Sangat Baik” meningkat dari prasiklus tidak ada, padaa siklus I juga tidak ada dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 10 anak atau 83.33%. Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Media Boneka Tangan, PTK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 10 Jun 2025 00:03
Last Modified: 10 Jun 2025 00:03
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item