Laurenti, Vaya (2024) Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Tunas Harapan. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
FULL TEXT ( VAYA LAURENTI 2086207022 ).pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak TK A usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak TK A usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus yang dilakukan. Pada pratindakan diperoleh kriteria BB ada 11 anak, kriteria MB ada 4 anak, dan kriteria BSH dan BSB belum ada. Pada siklus I diperoleh kriteria BB ada 4 anak, kriteria MB ada 9 anak, kriteria BSH ada 2 anak, dan kriteria BSB belum ada. Kemudian pada siklus II kriteria BB tidak ada, kriteria MB ada 3 anak, kriteria BSH ada 9 anak, dan kriteria BSB ada 3 anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak pada Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Kata Kunci : Kemampuan Bahasa Reseptif dan Metode Bercerita
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 09 Jun 2025 23:55 |
Last Modified: | 09 Jun 2025 23:55 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |