Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Tunas Harapan

Laurenti, Vaya (2024) Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Tunas Harapan. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
FULL TEXT ( VAYA LAURENTI 2086207022 ).pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak TK A usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak TK A usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus yang dilakukan. Pada pratindakan diperoleh kriteria BB ada 11 anak, kriteria MB ada 4 anak, dan kriteria BSH dan BSB belum ada. Pada siklus I diperoleh kriteria BB ada 4 anak, kriteria MB ada 9 anak, kriteria BSH ada 2 anak, dan kriteria BSB belum ada. Kemudian pada siklus II kriteria BB tidak ada, kriteria MB ada 3 anak, kriteria BSH ada 9 anak, dan kriteria BSB ada 3 anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak pada Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan. Kata Kunci : Kemampuan Bahasa Reseptif dan Metode Bercerita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 09 Jun 2025 23:55
Last Modified: 09 Jun 2025 23:55
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item