Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Demonstrasi Bermain Statak di RA Mutiara Hati

Sawiyah, Sawiyah (2023) Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Demonstrasi Bermain Statak di RA Mutiara Hati. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Full Text SKRIPSI Sawiyah-1986207054.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kognitif anak usia 5-6 tahun di TK RA Mutiara Hati Kabupaten Kampar. Untuk itu diperlukan suatu penerapan yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan kognitif anak, yaitu penerapan demonstrasi bermain statak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan penerapan demonstrasi bermain statak dapat meningkatkan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK RA Mutiara Hati Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan subyek penelitian ini adalah peserta didik di kelas B (Usia5-6 Tahun) di RA Mutiara Hati sebanyak 19 anak dengan rincian 9 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu Dengan penerapan demonstrasi bermain statak dapat meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK RA Mutiara Hati Kabupaten Kampar. Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan pertemuan dilakukan perbaikan-perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan pembelajaran dengan penerapan demonstrasi bermain statak. Kognitif anak usia 5-6 di RA Mutiara Hati Kabupaten Kampar melalui penerapan metode demonstrasi bermain statak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada Pra Siklus diperoleh nilai rata-rata 37.50% dengan kriteria BB (Belum Berkembang). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 54.17% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76.39% dengan BSB (Berkembang Sangat Baik)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 07 Jun 2025 20:37
Last Modified: 07 Jun 2025 20:37
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item