Kesumawati, Sri Wahyuni (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
FULL TEXT ( SRI WAHYUNI KESUMAWATI 1986207030 ).pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Al-Hidayah dalam mengenal angka 1-10. Sebagian anak belum mampu mengenal angka 1-10. Salah satu penyebabnya adalah media yang digunakan kurang diminati anak. Salah satu solusi yang ditawarkan peneliti adalah peneliti mencoba menggunakan media kartu angka dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai BB pada pra-tindakan terdapat 6 anak atau 46,15% pada siklus I menjadi 2 anak atau 15,38% dan di siklus II menjadi 0 anak atau 0%, nilai MB pada pra-tindakan terdapat 3 anak atau 23,07% pada siklus I menjadi 2 anak atau 15,38% dan di siklus II menjadi 1 anak atau 7,69%, nilai BSH pada pra-tindakan terdapat 2 anak atau 15,38% pada siklus I menjadi 5 anak atau 38,46% dan di siklus II menjadi 2 anak atau 15,38%, nilai BSB pada pra-tindakan terdapat 2 anak atau 15,38% pada siklus I menjadi 4 anak atau 30,76% dan di siklus II menjadi 10 anak atau 76,92%. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Kata kunci: Mengenal Angka 1-10, Kartu Angka, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 07 Jun 2025 20:30 |
Last Modified: | 07 Jun 2025 20:30 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |