Wahyu, Mutiara Sri (2023) Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak dengan Penerapan Metode Bermain Peran di TK Mutiara Bunda Desa Siabu. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
FULL TEKS (MUTIARA SRI WAHYU NIM. 1986207010)_compressed (1).pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sosial anak usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Bunda Desa Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan penerapan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Desa Siabu. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 15 orang anak, 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari kegiatan merencanakan/perencanaan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan sosial anak mulai dari siklus I 66,34% ketika dilakukan siklus II menjadi 88,46%. Dengan adanya peningkatan pada presentase perkembangan sosiala anak mencapai hingga 88,46% pada kategori berkembang sangat baik maka dapat dikatakan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Kata Kunci : Perkembangan Sosial, Metode Bermain Peran, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 07 Jun 2025 19:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2025 19:38 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |