Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Kegiatan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar

Andayani, Tri (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Kegiatan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
01. FULL TEXT (TRI ANDAYANI NIM.1986207022).pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambangan bilangan, salah satu alternatif yang ditawarkan oleh peneliti adalah pengenalan lambang bilangan dengan menerapkan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, penugasan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan berkembang sangat baik, pada setiap indikatornya menunjukkan adanya peningkatan yang baik setelah dilakukan tindakan pada siklus II, dimana anak dapat mengenal lambang bilangan 1-10 dengan presentase 71,4%, anak dapat menunjukkan lambang bilangan 1-10 sesuai urutan dengan presentase 62,0%, anak memasangkan lambang bilangan 1-20 dengan media gambar dengan presentase 76,1%, dan anak dapat menyebutkan lambang bilangan 1-10 sesuai urutan dengan presentase 76,1%. Kata Kunci: kemampuan kognitif, mengenal lambang bilangan, metode pembelajaran demosntrasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 05 Jun 2025 19:08
Last Modified: 05 Jun 2025 19:08
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item