Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membeatik dengan Metode Pemberian Tugas Pada Kelompok B di TK Dharma Bakti

Listianingsih, Listianingsih (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membeatik dengan Metode Pemberian Tugas Pada Kelompok B di TK Dharma Bakti. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
01. FULL TEXT (LISTIANINGSIH NIM.1985207017).pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Bakti. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti berupa kegiatan membatik dengan metode pemberian tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motorik halus dalam setiap indikatornya, indikator 1 melakukan eksplorasi dengan berbagai media dalam kegiatan nilai BB 0 anak atau 0% nilai MB 06 atau 0% nilai BSH 2 anak atau 18,18% sementara nilai BSB 9 anak atau 81,81% Adapun indikator 2 menggunakan alat tulis dengan benar nilai BB 0 anak atau 0% nilai MB 06 atau 0% nilai BSH 3 anak atau 27,27% dan nilai BSB 8 anak atau 72,72% indikator 3 meniru bentuk nilai BB 0 anak atau 0% nilai MB 1 anak atau 9,9% nilai BSH 1 anak atau 9,9% dan nilai BSB 9 anak atau 81,81%d dengan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membatik anak sudah meningkat pada siklus II. Kata Kunci: Motorik Halus, kegiatan membatik, Penelitian Tindakan kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 05 Jun 2025 18:51
Last Modified: 05 Jun 2025 18:51
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3555

Actions (login required)

View Item View Item