Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Teknik Paper Quilling

Ihsaniati, Ihsaniati (2022) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Teknik Paper Quilling. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
01. FULL TEXT (IHSANIATI SKRIPSI NIM.1886207007)_compressed.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan motorik halus anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Harapan Aisyiyah Pulau Jambu Kec. Kuok. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan teknik paper quilling. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui teknik paper quilling pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK HArapan Aisyiyah Pulau Jambu. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklu. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan juli. Subjek penelitian dan anak kelompok b usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang, dengan jumlah laki-laki 8 orang, dan anak perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B TK Harapan Aisyiyah pada siklus I tergolong rendah dengan rata-rata 60,67,00%. Selanjutnya terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 90,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik paper quilling dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Harapan Aisyiyah Pulau Jambu, Kec.Kuok. Kata Kunci: Paper quilling, PTK, Motorik Halus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:16
Last Modified: 04 Jun 2025 01:16
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item