Prayoga, Andi (2022) Penyelesaian Sengketa Klaim Asuransi Kehilangan Kendaraan Bermotor pada Masa Kredit(Studi Kasus di Capella Dinamik Nusantara Kabupaten Kampar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
![]() |
Text
01. FULL TEXT (ANDI PRAYOGA NIM.1874201006).pdf Download (14MB) |
Abstract
Klaim asuransi adalah aplikasi asuransi oleh peserta untuk memperoleh pertanggungan atas kerugian nya yang tersedia berdasarkan perjanjian. Sedangkan klaim adalah proses yang mana peserta dapat memperoleh hak-hak berdasarkan perjanjian yang disepakati. Selanjutnya Sengketa merupakan perselisihan atau perbedaan pendapat (persepsi) yang terjadi anatara dua belah pihak atau lebih karena adanya pertentangan kepentingan yang berdampak pada tertanggunya pencapaian tujuan yang diinginkan oleh para pihak. Terdapat dua rumusan masalah, bagaimana penyelesaian sengketa klaim asuransi kehilangan kendaraan bermotor pada masa kredit di PT. Cappela Dinamik Nusantara dengan apa kendala dan hambatan dalam melakukan klaim asuransi terhadap kendaraan bermotor yang hilang pada masa kredit. Jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan hukum yakni pendekatan Undang-Undang(statue approach), pendekatan kasus(case approach), pendekatan historis(historical approach). Data yang digunakan meliputi peratuan perundang�undangan sebagai bahan hukum primer, buku, jurnal, publikasi ilmiah sebagai bahan skunder, dan kamus sebagai bahan hukum tersier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian sengketa klaim asuransi kehilangan kendaraan bermotor pada masa kredit. Hasil penelitian yang pertama berdasarkan analisis yang dilakukan dengan membandingkan peraturan perundangan-undangan yakni Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Peransuransian, Pasal 246 KUHD selanjutnya dengan Undang-Undang Pasal 1 Ayat (1) Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen didapat hasil bahwa PT. Asuransi Astra Honda wajib membayar premi klaim yang diajukan debitur. Hasil penelitian yang kedua berkaitan dengan kendala dalam melakukan klaim asuransi kurang telitinya debitur dalam membaca dan memahami isi perjanjian awal, yang mengakibatkan beda penafsiran, kelalaian dalam berkendara oleh tertanggung karena tidak terpenuhinya persyaratan surat-surat kendaraan bermotor. Tidak terpenuhinya persyaratan kelengkapan dokumen-dokumen pengajuan klaim asuransi oleh tertanggung. Tidak jelasnya isi polis asuransi mengenai hal-hal penyebab suatu objek asuransi yang dapat diganti atau tidak. Tidak amanahnya leasing dalam tempo waktu penyerahan pembayaran premi ke PT. Asuransi. Pihak leasing terkesan mempersulit debitur dalam melakukan klaim untuk mendapatkan premi atas kendaraannya. Selanjutnya penyelesaian kasus yang terjadi dengan dilakukannya mediasi untuk mencapai kesepakatan kedua belah pihak. Kata Kunci : Penyelesaian Sengketa, Klaim Asuransi, Kredit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 18:46 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 18:46 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |