Penerapan Model Predict-Observe-Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar(Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyesawan)

Mahendra, Adi (2021) Penerapan Model Predict-Observe-Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar(Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyesawan). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
ADI MAHENDRA-1786206003.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Predict-Observe-Explain. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tema 2 dengan menggunakan model Predict-Observe-Explain pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua kali pertemuan dan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, refleksi dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret sampai bulan September 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan yang berjumlah 27 orang, dengan jenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan test. Hasil penelitian ini bahwa pada tema 2 subtema 1 masih tergolong cukup pada kemampuan kognitif dengan rata�rata 74, selanjutnya dari 27 siswa hanya 19 orang siswa atau 70,3% yang mencapai ketuntasan secara individual. Pada tema 2 subtema 2 siklus II tergolong baik pada kemampuan kognitif dengan rata-rata 84, dan 23 orang siswa tuntas atau 85,1% yang mencapai ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Predict-Observe-Explain dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci : Model Predict-Observe-Explain, Kemampuan Kognitif Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:27
Last Modified: 12 Aug 2024 08:27
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item