Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitan Tindakan Kelas pada Tema Organ Gerak Hewan Kelas V SDN 014 Ganting Damai)

Hidayati, Dina Fitri (2021) Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitan Tindakan Kelas pada Tema Organ Gerak Hewan Kelas V SDN 014 Ganting Damai). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
DINA FITRI HIDYATAI 1786206024 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa pada tema organ gerak hewan melalui penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Review) kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting damai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa dalam proses pembelajaran tema di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas V SDN 014 Ganting Damai. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Review) dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan rata-rata keterampilan membaca pemahaman hanya mencapai 61,14 dan berada pada kategori cukup. Kemudian setelah menerapkan strategi PQ4R pada siklus I rata�rata keterampilan membaca pemahan siswa meningkat mencapai 70,24 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa semakin meningkat yaitu mencapai 86,43 atau berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema organ gerak hewan kelas V SDN 014 Ganting Damai. Keywords PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite ,Review)strategi membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:04
Last Modified: 12 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item