Usman, Euis Kurniati (2021) Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menggunakan Model Children Learning In Science (Clis) Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Tema Ekosistem Siswa Kelas V SD Negeri 010 Laboy Jaya). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
EUIS KURNIATI USMAN 1786206035.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model children learning in science (CLIS) siswa kelas V SD Negeri 010 Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas V SD Negeri 010 Laboy Jaya Kabupaten Kampar sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 23 siswa sebanyak 15 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 65.21%. Sedangkan pada siklus II dari 23 siswa terdapat 21 siswa yang telah memenuhi KKM dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 91.30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains pada siswa kelas V SD Negeri 010 Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar melalui model children learning in science (CLIS) mengalami peningkatan. Kata Kunci: Keterampilan Proses, children learning in science (CLIS)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:49 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:49 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2156 |
Actions (login required)
View Item |