Yani, Firda (2021) Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD 008 Muara Uwai (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 5 Fokus Pembelajaran IPA kelas V SDN 008 Muara Uwai). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
FIRDA YANI 1786206148.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang dapat memotivasi dan merespon siswa. Pembelajaran hanya berpusat pada guru saja. Berdasarkan kecendrungan tersebut, peneliti mengadakan inovasi pembelajaran IPA melalui metode inquiry pada siswa SDN 008 Muara Uwai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa 008 Muara Uwai. Peneliitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 008 Muara Uwai Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa pada siklus I yaitu 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mnenggunakan metode inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 008 Muara Uwai. Kata kunci: Metode Inquiry, Keterampilan Proses sains, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:30 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2154 |
Actions (login required)
View Item |