Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Genting Damai

Rudiani, M (2021) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Genting Damai. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
M.RUDINI 1786206066.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 014 Ganting Damai. Kemampuan berpikir kritis yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan 18 siswa, sedangkan objeknya adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui dua siklus, pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa yang termasuk dalam kategori kurang kritis 56% yaitu cukup kritis 28%, kritis 16%, sangat kritis 0%. Sedangkan pada siklus II, kemampuan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori kurang kritis 5%, cukup kritis 32%, kritis 32%, dan sangat kritis 31%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 014 Ganting Damai. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 13:52
Last Modified: 08 Aug 2024 13:52
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item