Lestari, Norma (2021) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Kelas IV Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar SD Negeri 013 Kumantan). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
Norma Lestari-1786206082.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 013 Kumantan Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Fasilitator dan Penjelas. matematika pada pecahan dengan menggunakan model fasilitator dan eksplanasi siswa untuk siswa kelas IV di SD Negeri 013 Kumantan. Metode penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi refleksi dan waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Februari sampai Agustus 2021. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan tes. Siklus I dengan rata-rata 74 maka dari 12 siswa hanya 7 siswa yang tuntas sedangkan ketuntasan klasikal 58% pada siklus II dengan rata-rata 85% dan 12 siswa terdapat 10 siswa yang tuntas 83% ketuntasan belajar klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model fasilitasi dan eksplanasi siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi pecahan kelas IV SD Negeri 013 Kumantan. Kata kunci: Kemampuan Memahami Konsep Matematika, Model Fasilitator Siswa dan Menjelaskan, Pecahan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 13:27 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 13:27 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2136 |
Actions (login required)
View Item |