Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs.S Balung

Liati, Putri (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs.S Balung. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
PUTRI LIATI 1784202010.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika?. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah monequivalent control group deseign. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs.S Balung tahun pembelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII 1 dan VIII 2, di mana kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam analisis data digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji “t” diperoleh nilai thitung sebesar 7,262 dan nilai ttabel sebesar 2,000. Oleh karena itu thitung > ttabel (7,262 > 2,000) sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Selain itu diperoleh mean kelas eksperimen 82,286 yang lebih tinggi daripada mean kelas kontrol 62,171. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terlihat adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII MTs.S Balung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 12:54
Last Modified: 08 Aug 2024 12:54
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item