Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar)

Erlangga, Opeldi (2021) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
OPELDI ERLANGGA 1786206099 (1).pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving di kelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kegiatan pra siklus diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 2 menjadi 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63%. Nilai rata-rata kelas pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu 83 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74%., dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 yaitu sebesar 87 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 12:51
Last Modified: 08 Aug 2024 12:51
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item