Kajian Literatur Tentang Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Wijaya, Rangga (2021) Kajian Literatur Tentang Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
RANGGA WIJAYA 1786206105.pdf

Download (6MB)

Abstract

Metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Partisipasi aktif siswa SD meningkat, keberanian dan percaya diri siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapat juga meningkat. Banyaknya artikel-artikel dan temuan�temuan lapangan di SD yang menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian literatur tentang metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya artikel-artikel dan temuan-temuan lapangan di SD yang menggunakan metode bermain peran, maka peneliti merasa perlu untuk melakukan kajian literatur tentang metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kajian literatur. Sumer data menggunakan peneliti-peneliti yang sudah berpengalaman di bidang pembelajaran metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan mencari dan mengunduh artikel-artikel yang sesuai dengan variabel-variabel yang terdapat pada judul proposal pada kolom pencarian google scholar kemudian peneliti menggunduhnya dan menyimpannya secara sistematis pada laptop peneliti. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik meta analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa dari 20 jurnal yang direview mengunakan dua desain penelitian yaitu PTK dan eksperimen, keseluruhan jurnal menerapkan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS dengan subjek penelitian siswa kelas III, IV, V dan VI. Kata Kunci : Kajian Literatur, Metode Bermain, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 12:18
Last Modified: 08 Aug 2024 12:18
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item