Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 005 Gunung Sari

Susilawati, Susilawati (2021) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 005 Gunung Sari. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
SUSILAWATI 1786206128.pdf

Download (13MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan oleh kekurangan pada kegiatan pembelajaran, seperti ketidaktepatan dalam memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi. Selain itu, guru cenderung mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke dalam pikiran siswa, bukan mengaitkan materi dengan konteks dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 005 Gunung sari. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas IV-1 dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Data hasil pemahaman konsep yang diperoleh dari tes akademik pada siklus I mencapai tingkat ketuntasan 18,52 % dan 29,63 %.Pada siklus II hasil mencapai tingkat ketuntasan 88,89 % dan 96,30 %, dengan demikian antar siklus mengalami peningkatan dikarenakan banyak siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan pemahaman konsep siswa kelas IV Gunung sari. Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 08 Aug 2024 12:07
Last Modified: 08 Aug 2024 12:07
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item