Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Learning Start With A Question (LSQ) di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Siswa Kelas IV SD Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar)

Subahan, Alpi (2022) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Learning Start With A Question (LSQ) di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Siswa Kelas IV SD Negeri 007 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
01. FULL TEXT (ALPI SUBAHAN NIM.1886206094).pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 007 Pulau Gadang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 11 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2022. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 007 Pulau Gadang pada pratindakan nilai rata-rata 50,00 dengan persentase ketuntasan belajar 36%. Pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata 60,81 dengan persentase ketuntasan belajar 36% dan pada siklus 1 Pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 67,45 dengan persentase ketuntasan belajar 45%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 79,00 dengan persentase ketuntasan belajar 64%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 82,45 dengan persentase ketuntasan belajar 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajan Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan kemamampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 007 Pulau Gadang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:46
Last Modified: 31 Jul 2024 05:46
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item