Peningkatan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema I Indahnya Keberagaman Materi Sifat-sifat Bunyi Kelas IV SDN 007 Bangkinang)

Murdiani, Anisa (2022) Peningkatan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema I Indahnya Keberagaman Materi Sifat-sifat Bunyi Kelas IV SDN 007 Bangkinang). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1. ANISA MURDIANI (1886206088).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini rendahnya hasil minat belajar siswa pada materi sifat-sifat bunyi di kelas IV SDN 007 Bangkinang Kota. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan minat belajar siswa pada materi sifat-sifat bunyi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil siswa setelah tindakan rata-rata ketuntasan hasil minat belajar siswa hanya 69,15 dengan ketuntasana klasikal sebesar 52,63%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 72,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 57,89%, lalu pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 76,78 dengan ketuntasan klasikal sebsar 68,42%. Selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 81,68 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,94% dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,68,dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,21%. Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 007 Bangkinang Kota. Kata Kunci : Minat Belajar Siswa, model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:32
Last Modified: 31 Jul 2024 05:32
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item