Citra, Mulya (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Round Table Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1. MULYA CITRA (1886206017).pdf Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan menulis cerpen siswa disebabkan pembelajaran yang tidak bervariasi, belum mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menulis, siswa kurang di ajak mengembangkan ide-ide pikiran serta kurang berani menyampaikan pendapatnya. Penerapan model pembelajaran round table membantu siswa mengoptimalkan kemampuan dan kerjasamanya, serta siswa dapat mengembangkan dan menyampaikan pendapatnya melalui. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran round table Di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 007. Teknik pengumpulan data yaitu tes menulis cerpen dengan penilaian sesuai indikator menulis cerpen yaitu tema, tokoh, alur, setting cerita, amanat dan gayapenceritaan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran yang terlihat dari kondisi siswa yang lebih fokus, lebih antusias, lebih mandiri, lebih aktif, dan senang sehingga keterampilan menulis cerpen siswa meningkat. Selain itu, hasil tes menulis cerpen dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan, yaitu pratindakan 46,49, siklus I 68,10 dan siklus II 77,00. Menulis cerpen dengan model pembelajaran round table memudahkan siswa dalam penemuan dan penuangan ide. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran round table merupakan salah satu teknik yang mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Kata Kunci: Menulis, Cerpen, Model Pembelajaran Round Table
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:09 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2105 |
Actions (login required)
View Item |