Rizki, Nur Aini (2022) Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1. NUR AINI RIZKI (1886206081).pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemandirian belajar ini harus dimiliki oleh setiap siswa agar tercapai keberhasilan yang diinginkan. Didalam membentuk kemandirian belajar siswa, orang tua berperan penting dalam membentuk kemandirian belajar siswa di SD. Sikap kemandirian belajar siswa adalah sebaiknya ditanamkan saat siswa masih pada jenjang SD. Model pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa SD. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 035 Indrapuri dikarenakan kemandirian belajar siswa masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 035 Indrapuri dikarenakan kemandirian belajar siswa masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PTK adalah bentuk penelitian yang dilakukan didalam kelas berupa tindakan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaraan guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil tindakan antar siklus menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual dari tahap pratindakan 33,18%. Peningkatan kemandirian belajar menggunakan model pembelajaraan kontekstual juga terjadi dari tahap siklus 1 ke tahap siklus 2 sebesar 70,54. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Model Kontekstual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 05:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:07 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2104 |
Actions (login required)
View Item |