Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar

Andini, Nur (2022) Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1. NUR ANDINI (1886206096).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model circuit learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan model circuit learning pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dengan ketuntasan klasikal dari sebelum tindaakan 31,82%, siklus I pertemuan I 45,5% dan siklus I pertemuan II 54,5% dan meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 68,2%, dan siklus II pertemuan II 81,8%. Kata Kunci : Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Circuit Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:05
Last Modified: 31 Jul 2024 05:05
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item