Pelatihan Penerapan Blended Learning Menggunakan Metode Flipped Classroom di MAN 1 Kampar Pada Era New Normal

Wahyuni, Molli (2021) Pelatihan Penerapan Blended Learning Menggunakan Metode Flipped Classroom di MAN 1 Kampar Pada Era New Normal. Communnity Development Journal, 2 (1). pp. 164-170. ISSN P-ISSN 2721-4990 | E-ISSN 2721-5008

[img] Text
jurnal pengabmas molli.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di era new normal di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menuntut guru untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mempersiapkan pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam membantu para guru menyelenggarakan pendidikan new normal yang berkualitas sehingga tujuan pembelajaran tercapai sebagaimana mestinya. Pendekatan yang disampaikan adalah participatory action research (PAR) dengan mitra kegiatan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kampar. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu identifikasi masalah, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan diikuti oleh 20 orang guru, dan materi yang diberikan antara lain berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan berbasis rekam layar menggunakan aplikasi Screencast O’matic dan pembelajaran blended learning menggunakan metode flipped classroom. Hasil kegiatan ini berupa kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran berbasis rekam layar Screencast O’matic dan mempraktekkan pelaksanaan model flipped classroom yang tergambar pada saat simulasi setelah pelatihan dilaksanakan. Indikator keberhasilan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kegiatan terlaksana sesuai rencana, serta respon positif dari peserta.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:01
Last Modified: 08 Dec 2022 04:01
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item View Item