Wahyuni, Molli and Ananda, Rizki and Fauziddin, Mohammad (2022) Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4). pp. 2944-2950. ISSN E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Text
5957-Article Text-20045-1-10-20220811.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dalam menyusun proposal penelitian skripsi. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester VI Program Studi S1 PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai pada Tahun akademik 2021/2022. Sampel penelitian yakni mahasiswa kelas D yang berjumlah 41 orang yang bertugas menyusun proposal skripsi sebagai luaran dari mata kuliah metodologi penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Analisis data untuk data kuantitatif menggunakan rumus persentase, sedangkanuntuk data kualitatif dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis reduksi data, display data, verifikasi, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis proposal penelitian mahasiswa semester VI S1 PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai tahun akademik 2021/2022 masih tergolong dalam kualifikasi cukup dengan skor rata-rata 64,81. Kemampuan terendah terdapat pada aspek metodologi penelitian dan kemampuan tertinggi pada aspek penyusunan atau perumusan judul penelitian dengan skor 77,20.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kemampuan, Proposal Penelitian. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:00 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 02:00 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1186 |
Actions (login required)
View Item |