Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD

Nupus, Hayatun and Wahyuni, Molli and Marleni, Lusi (2021) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 5 (2). pp. 343-351. ISSN (ISSN 2548-8201 (cetak); (ISSN 2580-0469 (online)

[img] Text
2077-Article Text-3472-1-10-20210910.pdf

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 001 Air Tiris dengan sampel kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual lebih tinggi (86,16) daripada menggunakan model konvensional (76,79). Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,002) < α (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Media Audio Visual, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:40
Last Modified: 29 Nov 2022 07:40
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item