Susanti, Alvi (2021) Meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif anak usia 3-4 tahun melalui media big book pada kelompok bermain pelita haaati ibu sungai pinang (penelitian tindakan kelas pada masalah berbahasa reseptif anak usia 3-4 tahun di kelompok bermain pelita hati ibu sungai pinang). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
ALVI SUSANTI-1786207019.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia 3-4 tahun pada Kelompok Bermain Pelita Hati Ibu Sungai Pinang. Inovasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif, salah satunya adalah dengan menggunakan media big book. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa represif pada anak usia 3-4 tahun, dan 2) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa reseptif anak usia 3-4 tahun melalui media big book pada Kelompok Bermain Pelita Hati Ibu Sungai Pinang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan dari Mei-Juni 2021. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berbahasa reseptif anak usia 3-4 tahun pada Kelompok Bermain Pelita Hati Ibu Sungai Pinang sebelum tindakan, menunjukkan bahwa bahwa anak yang memenuhi kriteria kriteria BSH sebanyak 7 orang atau 50.0%, sedangkan anak dengan MB adalah 7 orang atau 50.0%. Sementara itu, pada tahap pratindakan ini, anak yang mendapat nilai BSB belum ada. Sedangkan total penilaian hanya mencapai 54.46% yang termasuk pada kategori masih berkembang (MB). 2) Kemampuan berbahasa reseptif anak usia 3-4 tahun pada Kelompok Bermain Pelita Hati Ibu Sungai Pinang dapat ditingkatkan dengan menggunakan media big book. Hal ini dapat dililhat dari siklus kedua, pertemuan ke dua, maka jumlah Anak yang mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) meningkat mencapai 14orang atau 100%, dengan totalpenilaian adalah sebesar 82.50 atau masukpada kategori berkembang sangat baik. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa Reseptif, Media Big book
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:54 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:54 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/813 |
Actions (login required)
View Item |