Penerapan metode pembelajaran pictorial riddle untuk menikatkan keterampilan menulis karangan narasi di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas penerapan metode pembelajaran pictorial riddle untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas 5 di sekolah dasar negeri 032 kualu)

Barti, Divia (2021) Penerapan metode pembelajaran pictorial riddle untuk menikatkan keterampilan menulis karangan narasi di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas penerapan metode pembelajaran pictorial riddle untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas 5 di sekolah dasar negeri 032 kualu). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Diva Barti-1786206027.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai keterampilan menulis siswa pada pembelajaran tematik khususnya Bahasa Indonesia di kelas V SDN 032 Kualu. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Pictorial Riddle. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 032 Kualu. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan juli 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data berupa, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan keterampilan menulis karangan narasi kelas V SDN 032 Kualu pada siklus I tergolong baik, dengan rata-rata 60,17. Dari 33 orang siswa hanya 17 orang siswa yang tuntas , sedangkan ketuntasan belajar klasikal 51,52%. Pada siklus II sangat baik dengan rata-rata 79,98 Dan 33 orang siswa terdapat 29 orang siswa yang tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 87,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Pictorial Riddle dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi di kelas V SDN 032 Kualu. Kata Kunci : Menulis, Metode Pictorial Riddle, Keterampilan Menulis Karangan narasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:41
Last Modified: 19 Feb 2022 02:41
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item