Faktor-faktor yang menghambat minat belajar di rumah pada siswa sekolah dasar(arudi kuantitatif pada siswa kelas vsdn 011 desa baru kecamatansiak hulu kabupaten kampar)

Zulfandini, Zulfandini (2021) Faktor-faktor yang menghambat minat belajar di rumah pada siswa sekolah dasar(arudi kuantitatif pada siswa kelas vsdn 011 desa baru kecamatansiak hulu kabupaten kampar). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Zulfandini-1686206073.pdf

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat minat belajar di rumah pada siswa Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SDN 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dengan jumlah subjek sebanyak 35 orang siswa. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket pada responden di rumah masing-masing. Jenis penelitian adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menghambat minat belajar di rumah pada siswa kelas V SDN 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar secara keseluruhan diperoleh persentase sebesar 68,0% dan termasuk ke dalam kriteria kuat. Artinya faktor keluarga, teman sebaya, budaya masyarakat dan guru merupakan faktor kuat yang dapat menghambat minat belajar di rumah. Seperti karena kurang diperhatikan oleh orang tua, kurang senang untuk belajar di rumah karena tidak ada teman yang ikut belajar, kurang tertarik untuk belajar di rumah karena di tempat saya jarang ada yang belajar, atau kurang tertarik untuk belajar di rumah karena tidak paham jika tidak ada guru. Kata kunci: Minat Belajar di Rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:50
Last Modified: 18 Feb 2022 02:50
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item