Meningkatkan pemahaman konsep matemtika melalui model pembelajaran realistic mathematic education (rme) pada siswa kelas 4 disdn 024 limau manis kec. Kampar

Munawaroh, Wahidatul (2021) Meningkatkan pemahaman konsep matemtika melalui model pembelajaran realistic mathematic education (rme) pada siswa kelas 4 disdn 024 limau manis kec. Kampar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
WAHIDATUL MUNAWAROH-1786206130.pdf

Download (94MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas IV SD Negeri 024 Limau manis. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 14 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar dokumentasi dan lembar tes belajar selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I kemampuan pemahaman konsep Hasil tes pada siklus 1 pertemuan I menunjukkan ada 6 orang siswa (42,85%) dari 14 siswa yang termasuk tuntas dengan kategori rendah (≤55%), dan pada siklus 1 pertemuan II menunjukkan ada 7 orang siswa (50%) dari 14 siswa yang termasuk tuntas dengan kategori rendah (≤55%), sedangkan pada siklus 2 pertemuan I menunjukkan ada 9 orang siswa (64,28%) dari 14 orang siswa yang termasuk tuntas dengan kategori cukup (≤70%), dan pada siklus 2 pertemuan II menunjukkan ada 12 orang siswa (85,71%) dari 14 orang siswa yang termasuk tuntas dalam kategoti sangat tinggi (≤100%). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). maka dapat meningkatkan Kemampuan pemahaman kosep matematika siswa kelas IV SD Negeri 024 Limau Manis. Kata kunci : kemampuan pemahaman konsep, Realistic Mathematic Education (RME).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 08:35
Last Modified: 17 Feb 2022 08:35
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item