Pengaruh metode sas (struktural analitik sintetik) terhadap keterampilan membaca permulaan di sekolah dasar (penetilian quai eksperimen pada materi membaca permulaan siswa pada kelas 1sdn 005 langgini)

Ariani, Sofnila (2021) Pengaruh metode sas (struktural analitik sintetik) terhadap keterampilan membaca permulaan di sekolah dasar (penetilian quai eksperimen pada materi membaca permulaan siswa pada kelas 1sdn 005 langgini). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Sofnila-1786206121.pdf

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran membaca khususnya membaca permulaan di SD Negeri 005 Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 005 Langgini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas eksperimen yaitu kelas IA dan kelas kontrol yaitu siswa kelas IB SD Negeri 005 Lanngini. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului uji normalitas dan homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan dengan metode SAS lebih tinggi daripada keterampilan membaca permulaan dengan model pembelajaran konvensioanl. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,001) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode SAS lebih efektif dibandingkan dengan strategi model pembelajaran konvensioanl, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 005 Langgini. Kata Kunci : Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Keterampilan Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:38
Last Modified: 17 Feb 2022 06:38
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item