Penerapan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas 5 sdn 001 bangkinang koto)

Oktavianis, Refta (2021) Penerapan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika siswa sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas 5 sdn 001 bangkinang koto). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
REFTA OKTAVIANIS-1786206107.pdf

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model Course Review Horay dalam pembelajaran kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 18 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 6 siswa dan siswa perempuan 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 72, 5%, selanjutnya dari 18 siswa hanya 11 orang siswa atau 60,5% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 83,05% dan 15 siswa tuntas atau 82,5% yang mencapai ketuntasan sacara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SDN 001 Bangkinang Kota. Kata kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Course Review Horay, Pembelajaran Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:05
Last Modified: 17 Feb 2022 04:05
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item