Upaya meningkatkan keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran (experiental learning) pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota)

Putra, Muhammad Iqbal (2021) Upaya meningkatkan keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran (experiental learning) pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 3 sdn 001 bangkinang kota). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
M.igbal putra-1786206075.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model Experiental Learning dalam pembelajaran kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebnayak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota yang berjumlah 17 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 9 siswa dan siswa perempuan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 74,11%, selanjutnya dari 17 siswa hanya 12 orang siswa atau 70,58% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80,00% dan 14 siswa tuntas atau 82,35% yang mencapai ketuntasan sacara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Experiental Learning dapat meningkatkan keterampilan proses belajar peristiwa makluk hidup pada siswa kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Experiental Learning, Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:48
Last Modified: 16 Feb 2022 07:48
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item