Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas untuk menikatkan keterampilan berbicara siswa kelas 5 sdn 006 sungai tonang)

Hayati, Fitra (2021) Penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas untuk menikatkan keterampilan berbicara siswa kelas 5 sdn 006 sungai tonang). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Fitra Hayati-1786206040.pdf

Download (66MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa di kelas IV SDN 006 Sungai Tonang. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara di kelas IV SDN 006 Sungai Tonang. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 10 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan penerapan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar rubric keterampilan berbicara selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I keterampilan berbicara siswa hanya 60,5 atau tergolong baik, dengan ketuntasan klasikal 30% dengan kategori sangat kurang, diketahui bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II maka lebih meningkat pada pertemuan kedua mencapai 82 atau tergolong sangat baik dengan ketuntasan klasikal 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila dilakukan penerapan model pembelajaran artikulasi maka dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 006 Sungai Tonang. Kata kunci : keterampilan berbicara, model pembelajaran artikulasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 15 Feb 2022 08:29
Last Modified: 16 Feb 2022 03:30
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item