Peningkatan kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan model problem based learning di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada pembelajaran ipa materi organ gerak hewan kelas 5 sdn 020 ridan permai)

Syafitri, Elma Aini (2021) Peningkatan kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan model problem based learning di sekolah dasar (penelitian tindakan kelas pada pembelajaran ipa materi organ gerak hewan kelas 5 sdn 020 ridan permai). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
Elma aini-1786206030.pdf

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswadi kelas V SDN 020 Ridan Permai untuk itu solusi yang dapat mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan dan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai yang berjumlah 16 siswa. Dengan jumlah laki-laki 4 siswa, dan siswa perempuan 12 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDN 020 Ridan Permai ternyata mengalami peningkatan di setiap siklusnya, dimana hasil dari persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (38%) dan di siklus I pertemuan II meningkat menjadi (50%) sedangkan pada siklus II pertemuan I mencapai (75%) dan di siklus II pertemuan II meningkat mencapai (88%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi organ gerak hewan di kelas V SDN 020 Ridan Permai. Kata Kunci : IPA, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 15 Feb 2022 08:15
Last Modified: 19 Feb 2022 02:35
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item