Pengaruh penerapan model pembelajaranproblem based learning (pbl) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas 4 (penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran matematika kelas 4 sdn 12 pinggir kec. Pinggir)

Fransiska, Dia (2021) Pengaruh penerapan model pembelajaranproblem based learning (pbl) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas 4 (penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran matematika kelas 4 sdn 12 pinggir kec. Pinggir). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
DIA FRANSISKA-1786206019.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 12 Pinggir Kecamatan Pinggir. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 06 September- 11 September 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 54 orang, dengan jumlah 27 orang kelas IV A dan 27 Orang kelas IV B. Teknik pengumpulan data berupa Tes, Observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 12 Pinggir. Hal ini ditunjukkan dengan harga sig (2-tailed) < kurang 0.05 yaitu 0,000. Sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan kata lain membenarkan hipotesis bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika tergolong besar dengan persentase nilai sebesar 7,81 (61%). Pengaruh ini diikuti dengan perolehan – ttabel (-2,056) ≤ thitung (4,152) ≥ +ttabel (2,056). Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 15 Feb 2022 08:03
Last Modified: 16 Feb 2022 03:27
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item