pengaruh media ular tangga terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv sdn 015 kota garo (penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran ips kelas 4 sdn 015 kota garo)

Asmiyanti, Asmiyanti (2021) pengaruh media ular tangga terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv sdn 015 kota garo (penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran ips kelas 4 sdn 015 kota garo). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
ASMIYANTI-178606010.pdf

Download (11MB)

Abstract

Menyikapi Era Globalisasi dalam dunia pendidikan, diharapkan para pendidik harus lebih bekerja keras untuk mengemas program pembelajaran yang tidak hanya mengedapankan ilmu pengetahuan, melainkan meningkatnya sikap dan keterampilan yang dapat menunjang perubahan yang lebih baik lagi salah satunya ada dalam pembelajaran yaitu penggunaan media pembelajaran. Salah satu media yang bisa digunakan pada pembelajaran IPS yaitu media ular tangga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media ular tangga terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV dan seberapa pengaruh media ular tangga terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Metode penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pola penelitian non equivalent control group design yang dilaksanakan pada tanggal 20 september 2021 – 23 september 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang, dengan jumalah 13 orang kelas IV A dan 13 orang kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berpengaruh dan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 015 Kota Garo. Hal ini dapat dilihat pada hasil perhitungan uji t pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) <0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun hasil uji t perbedaan rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,231. Hasil uji t perbedaan rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,168. Kata kunci : hasil belajar, media pembelajaran, ular tangga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:39
Last Modified: 16 Feb 2022 03:22
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item