Nurmalina, Nurmalina and Pebriana, Putri Hana and Kusuma, Yanti Yandri (2024) Pelatihan Model-model Kooperatif bagi Guru di Sekolah Dasar. Creation: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1). pp. 42-45.
![]() |
Text
42-45.pdf Download (171kB) |
Abstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pelatihan bagi guru di Sekolah Dasar Pahlawan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan keterlibatan siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Program pengabdian ini memberikan pemahaman kepada guru mengenai berbagai strategi pembelajaran kooperatif serta keterampilan praktis dalam penerapannya di kelas. Pelatihan ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif, mendorong partisipasi siswa, berpikir kritis, dan pengembangan keterampilan sosial. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi guru, motivasi siswa, dan pencapaian akademik. Inisiatif ini berkontribusi dalam menciptakan suasana kelas yang inklusif dan mendukung perkembangan kognitif serta sosial siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Pelatihan Guru, Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pembelajaran Kolaboratif, Strategi Kelas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Yanti Yandri Kusuma |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:54 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:54 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/5365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |