Handayani, Silvia Yoki and Aprinawati, Iis and Kusuma, Yanti Yandri and Mufarizuddin, Mufarizuddin and Ananda, Rizki (2022) Penggunaan Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Hasil Belajar Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8 (1). pp. 82-95. ISSN E-ISSN: 2476-9703
![]() |
Text
7850-22419-1-PB (1).pdf Download (312kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dasar. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran POGIL (Proses Oriented Guinded Inquiry Learning). Penelitian ini menggunakan jenis Kuantitatif dengan desain penelitian adalah “Nonequivalen control group design” atau penelitian quasy experiment. Penelitian ini dilakukan di SDN 020 Ridan Permai. Jalan Cempaka Putih, Bangkinang Kota, di Kelas VB-VC Semester 2 (Genap) dengan jumlah kelas VB yaitu 23 siswa dan jumlah kelas VC 24 siswa. Teknik pengumpulan data digunakanh dalam penelitian ini wawancara dan soal tes (pre-test dang post-test). Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus Uji T yang didahului uji normalitas dan homogenitas varians. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran POGIL (Proses Oriented Guinded Inquiy Learning) lebih tinggi dari pada hasil beajar dengan menggunakanmodel konvensional. Hal ini terlihat dari Uji T dengan taraf signifikan 0,001<0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yangfsignifikan padavhasilvbelajar IPAvantara modelcpembelajaran POGIL (Process Oriented Guinded Learning) pada kelas VB. Kata Kunci: Model Pembelajaran, POGIL, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Yanti Yandri Kusuma |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:49 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:49 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/5358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |