Analisis Tingkat Kualitas Modul Ajar Mahasiswa Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Pembuatan Modul Ajar

Witarsa, Ramdhan and Nurmalina, Nurmalina and Kusuma, Yanti Yandri (2025) Analisis Tingkat Kualitas Modul Ajar Mahasiswa Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Pembuatan Modul Ajar. Journal of Education Research, 6 (2). pp. 421-426. ISSN 2746-0738

[img] Text
18+Ramdhan+421-426.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas modul ajar yang dibuat mahasiswa jenjang pendidikan dasar pada semester sebelumnya masih pada tingkat kualitas rendah dan sedang. Riset ini bertujuan meningkatkan kualitas modul ajar yang dibuat mahasiswa jenjang pendidikan dasar pada tingkat kualitas tinggi. Metode riset yang diadopsi metode penelitian tindakan kelas dengan beberapa modifikasi, dengan tahapan perencanaan/pembuatan modul ajar, pengecekan tingkat plagiat modul ajar melalui aplikasi turnitin, perbaikan, pengecekan kembali dan seterusnya dengan pola siklus hingga kualitas modul ajar yang ditargetkan berada pada tingkat plagiat dibawah 25%. Jumlah sampel riset 25 mahasiswa. Riset menunjukan hasil bahwa semua mahasiswa (100% mahasiswa) melakukan pengecekan tingkat plagiat dengan menggunakan aplikasi turnitin lebih dari satu kali. Nilai rata-rata akhir pengecekan plagiat 5,96%. Kualitas modul ajar mahasiswa jenjang pendidikan dasar meningkat sebesar 80%. Dosen sebaiknya membiasakan mahasiswa untuk mengecek tugas kerja mahasiswa melalui aplikasi turnitin sebelum dikumpulkan. Kata Kunci: Kualitas modul ajar, perangkat pembelajaran, turnitin.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Yanti Yandri Kusuma
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:35
Last Modified: 10 Sep 2025 01:35
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item