Rahma, Fadila and Marta, Rusdial and Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi and Kusuma, Yanti Yandri and Rizal, Muhammad Syahrul (2023) Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Konsep Matematika di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10 (4). pp. 268-279. ISSN p-ISSN: 2442-3661; e-ISSN: 2477-667X
![]() |
Text
stitnu,+Journal+manager,+30.+Fadila+Rahma-edit.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas III UPT SDN 013 Kumantan. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 11 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Aptitudetreatment Interactiaon (ATI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar dokumentasi dan lembar tes belajar selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Aptitudetreatment Interactiaon (ATI). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I kemampuan pemahaman konsep Hasil tes pada siklus I pertemuan 1 dan 2 menunjukkan ada 6 orang siswa (54, 55%) dari 11 siswa yang tuntas dengan kategori rendah (≤55%), sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 menunjukkan ada 7 orang siswa (64%) dari 11 orang siswa yang tuntas dengan kategori cukup (≤70%), dan pada siklus II pertemuan 2 menunjukkan ada 9 orang siswa (81%) dari 11 orang siswa yang tuntas dengan kategoti tinggi (≤85%). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila menggunakan model pembelajaran Aptitudetreatment Interactiaon (ATI). Maka dapat meningkatkan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Yanti Yandri Kusuma |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 23:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 23:41 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/5348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |