Chamisyah, Putri and Alini, Alini and Zurrahmi, Zurrahmi (2025) Gambaran Konsep Diri Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. JURNAL PAHLAWAN KESEHATAN, 2 (2). pp. 610-617. ISSN 3063-010X
![]() |
Text
64. Gambaran Konsep Diri Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan.pdf Download (248kB) |
Abstract
Konsep diri dapat menentukan komunikasi interpersonal individu seseorang yang memiliki konsep diri yang baik akan bertingkah laku yang baik pula, begitupun sebaliknya. Desain penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggunakan satu variabel yang bersifat menggambarkan sebuah fenomena pada populasi atau penelitian pada sampel yang merupakan bagian dari populasi. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/I semester II prodi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai sebanyak 118 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 118 orang. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa univariat. Dari hasil penelitian pada analisa univariat didapatkan diperoleh hasil bahwa citra diri berada pada kategori positif sebanyak 60 responden (50.4%), personal berada pada kategori positif sebanyak 69 responden (58.0%), peran berada pada kategori negatif sebanyak 86 responden (72.3%), ideal diri berada pada kategori positif sebanyak 6 responden (55.5%), harga diri berada pada kategori negative sebanyak 81 responden (68.1%), konsep diri berada pada kategori positif sebanyak 63 responden (52.9%). Diharapkan responden perlu membangun konsep diri yang positif melalui pengalaman dan interaksi yang positif dengan lingkungan sekitar. Kata kunci: Konsep Diri, Mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S1) |
Depositing User: | Alini Alini Alini |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 14:44 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 14:44 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/4769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |